gravatar

Ilmu Sosial Dasar


Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran dalam menghadapi lingkungan sosialna dapat ditingkatkan sehingga kepekaan pada lingkugnan sosialnya dapaat menjadi lebih besar, dan bias juga pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial

 Tujuan Ilmu Dasar Sosial

Pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yangada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaandengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, danpenalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.

Adapun tujuan khususnya yaitu :

1.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut sertadalam usaha-usaha menanggulanginya.
2.      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya secara kritis-indisipliner
3.      Mempelajarinya Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulanganmasalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
4.      Membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadianmahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas khususnyaberkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapimanusia lain
5.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial danmasalah-masalah sosial yang ada dalam masyaraka


Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapatditanggapi dengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.2.dan adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain.
Ada pun  pokok bahasan dan sub pokok bahasan, yaitu :
1. Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungandengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.
3. Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.
4. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.
5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
6. Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.
7. Masalah sosial dan ilmu sosial dasar

Secara makna yang terkandung dalam pengertian ilmu sscial dasar, makasudah jelas bahwa ruang lingkup ilmu sosial dasar ini selalu mengarah kepadaruang lingkup dalam ilmu sosial dasar anatara lain :

1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya denganperkembangan masyarakat dan kebudayaan.

2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.

3. Masalah pemuda dan sosialisasi

4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.

5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.

6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.

7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.

8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dankesejahteraan



Ilmu Sosial Dasar menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan.

Dengan menggunakan kacamata obyektif berarti, konsep dan teori yangberhubungan dengan hakikat manusia dan masalahnya telah dikembangkandalam ilmu sosial dan digunakan.

Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaju menurut perspektif masyarakat yangbersangkutan


Kesimpulan

Jadi,lmu sosial dasar adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki,menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah sosial,dan juga membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan juga mempelajari ilmu sosial dasar yaitu agar dapatmemahami masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar danmembuat lebih peka terhadap masalah tersebut serta diharapkan pula agar dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik

Postingan Populer