gravatar

Ilmu Sosial Dasar dalam bidang pendidikan



  • Pengertian Ilmu Sosial Dasar


Ilmu sosial dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran dalam menghadapi lingkungan sosialna dapat ditingkatkan sehingga kepekaan pada lingkugnan sosialnya dapaat menjadi lebih besar, dan bias juga pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial


  • Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan diri, keprinadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Setiap orang tua menginginkan anaknya memiliki pendidikan di atas orang tuanya hal tersebut karena agar anaknya mampu meningkatkan derajat kesehatan seperti seorang anak yang berkuliah di bidang kesehatan dia akan lebih memiliki kemampan dalam mempertahankan kesehatan semua anggota keluarganya di bandingkan dengan orang yang tidak berpendidikan atau standar  pasti hanya mengaggap suatu gejala penyakit adalah hal yang sepele sedangkan jika sudah parah barulah merasa pentingnya penjagaan kesehatan.




  • Pengertian ilmu pendidikan disampaikan oleh para pakar

1. Prof. Dr. N. Driyarkara
Ilmu sosial adalah pemikiran ilmiah tentang realitas yang disebut pendidikan (mendidik dan dididik)
2. Prof. M. J. Langeveld 
Paedogogic atau ilmu mendidik merupakan suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaan atau hakiki objek itu, melainkan mempelajari pula betapa hendaknya bertindak

3. Dr. Sutari Imam Barnadib 
Ilmu pendidikan mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan. Menurutnya, perbuatan mendidik dan dididik memuat faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi dan menentukan
a. Adanya tujuan yang hendak di capai
b. Adanya subjek manusia
c. Yang hidup bersama dalam linkungan hidup tertentu
d. Yang menggunakan alat-alat tertentu untuk mencapai tujuan

4. Prof. Brodjonegoro
Ilmu pendidikan merupakan teori pendidikan, perenungan, tentang pendidikan

Pendidikan lebih tua dibandingkan ilmu pendidikan, sebab pendidikan telah ada sebelum ilmu pengetahuan. Pendidikan dalam arti yang sederhana merupakan suatu usaha untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai dalam masyarakat dan kebudayaan


  • Funfsi pendidikan

a. Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
b. Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
c. Melestarikan kebudayaan.
d. Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
e. Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
f. Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
g. Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
h. Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.



  • Kesimpulan

Pendidikan biasanya berawal saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan ini biasanya diperkulan untuk membahas dan mengkaji masalah-masalah sosial yang terjadi di dalam masyarakat.Masalah yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri mencakup berbagai macam nilai - nilai dari berbagai macam Ilmu Sosial seperti ilmu ekonomi , ilmu psikologi , ilmu geografi , ilmu sosiologi , ilmu hukum dan politik 




Postingan Populer