Proposal Manajemen Proyek dan Resiko
PROPOSAL PROYEK
SISTEM PEMBAYARAN JALAN TOL
OTOMATIS MENGGUNAKAN
KARTU PRABAYAR
MATA KULIAH
MANAJEMEN PROYEK & RESIKO
Disusun Oleh :
Achmad alfarisi (20112065/2KB04)
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Segala Puji bagi Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan
karunia-Nya, sehingga dapat penulis dapat menyelesaikan proposal pengajuan
proyek yang berjudul “Pembelajaran Jarak Jauh Berlandaskan Paradigma
Pendidikan”. Proposal ini diajukan sebagai bagian dari tugas mata kuliah Soft
Skill studi Program Sarjana di
Universitas Gunadarma, bidang keahlian Sistem Komputer.
Dalam penyelesaian proposal pengajuan proyek ini, penulis mendapatkan bantuan dari
berbagai pihak. Untuk itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih setulusnya
kepada :
Bapak Sigit Sukmono,SE selaku dosen pembimbing dan
dosen mata kuliah Soft Skill, yang telah banyak membantu penulis dalam
memberikan ide, saran dan kritiknya.
Berbagai pihak yang tidak dapat peulis sebutkan satu
persatu, yang telah membantu meringankan dan mempermudah pekerjaan penulis,
baik barang maupun jasa.
Menyadari keterbatasan waktu dan kemampuan dalam
penulisan, proposal penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu,
segala kritik dan saran yang membangun akan diterima dengan senang hati.
Mudah-mudahan Allah SWT akan membalas semua kebaikan kepada semua pihak yang
membantu. Akhir kata, semoga proposal penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita
semua. Amin.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kemudahan akan sistem pembayaran berbasis kartu
kredit di berbagai toko penjualan memang kerap dibutuhkan masyarakat Indonesia
di zaman ini. Selain untuk mempercepat waktu, masyarakat juga tidak lagi
repot-repot membawa uang yang jumlahnya begitu banyak. Seiring perkembangan
teknologi dan masyarakat, sering kita lihat terjadinya kemacetan yang terjadi
di pintu tol (jalan bebas hambatan) dikarenakan antrian pembayaran. Oleh karena
itu dibutuhkan sistem pembayaran yang cepat dan efisien berupa kartu kredit
sehingga dapat mengurangi kemacetan. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem
pembayaran kartu kredit ini akan mempercepat waktu pembayaran di gerbang tol.
Karena tarif yang dikenakan pada sistem pembayaran
jalan tol saat ini tidak selalu bernilai bulat atau sederhana, tetapi masih
bernilai pecahan yang juga mempersulit pembayaran jika pengguna jalan
memberikan uang lebih, dan kasir pintu tol tersebut memberikan uang kembalian
sehingga membutuhkan waktu yang banyak untuk pembayaran tersebut. Sehingga
dibutuhkan sistem pembayaran yang mudah dan juga guna mempersingkat waktu pembayaran.
Dan inovasi yang baru ini adalah sistem pembayaran jalan tol berupa kartu
prabayar.
Sebagai contoh pada gerbang tol Jl.TB.Simatupang
dikenakan biaya masuk Rp.3500, nominal tersebut menyulitkan pembayaran karena
dibutuhkan pecahan Rp.500 untuk pembayaran maupun kembalian, sehingga waktu
untuk pembayaran gerbang tol tersebut menjadi agak lama.
Berdasarkan hal tersebut maka dimungkinkan untuk
membuat suatu pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan mesin otomatis
yang dapat mendeteksi kartu prabayar tersebut.
1.2 Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan
diatas, maka permasalahan yang dibahas dalam perancangan ini adalah bagaimana
merancang dan merealisasikan pembuatan suatu sistem pembayaran jalan tol dengan
menggunakan kartu prabayar khusus sehingga dapat mempersingkat waktu pembayaran
dan mengurangi kemacetan.
1.3 Tujuan Proyek
Adapun tujuan yang dicapai adalah membuat suatu
sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit yang efisien dan murah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Tinjauan Pustaka
Kartu prabayar layaknya kartu debit dan kredit,
kartu prabayar memungkinkan kita untuk melakukan pembelian tanpa uang tunai
atau cek. Tidak seperti kartu kredit, Kita tidak dapat berhutang dengan kartu
prabayar, dan tidak seperti kartu debit, kartu prabayar tidak terkait dengan
rekening bank. Kartu prabayar memiliki saldo nol sampai Anda menambah uang ke
dalamnya. Pada saat kita melakukan pembelian dengan kartu prabayar, jumlah
pembayaran akan dikurangin dari saldo yang tersedia di kartu tersebut. Pada
saat saldo mencapai angka nol, kartu tersebut kosong. Kartu kemudian dapat
dibuang, kecuali kartu tersebut dapat diisi ulang, dimana Anda dapat
menambahkan dana dan melanjutkan penggunaan kartu tersebut.
Jalan tol (di
Indonesia disebut juga sebagai jalan bebas hambatan) adalah suatu jalan
alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat
jarak dari satu tempat ke tempat lain. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan
tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku. Penetapan tariff didasarkan pada
golongan kendaraan. Bangunan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat
disebut pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih dikenal sebagai
gerbang tol. Bangunan ini biasanya ditemukan di dekat pintu keluar, di awal
atau akhir jembatan (misal: Jembatan Suramadu), dan ketika Anda memasuki suatu
jalan layang. Di Indonesia, jalan tol sering dianggap sinonim untuk jalan bebas
hambatan, meskipun hal ini sebenarnya salah. Di dunia secara keseluruhan, tidak
semua jalan bebas hambatan memerlukan bayaran. Jalan bebas hambatan seperti ini
dinamakan freeway atau expressway (free berarti "gratis", dibedakan
dari jalan-jalan bebas hambatan yang memerlukan bayaran yang dinamakan tollway atau tollroad. Dengan
menggunakan kartu prabayar mungkin akan menjadi lebih mudah untuk sistem
pembayaran jalan tol tersebut.
2.2 Luaran
Yang Diharapkan
Luaran
yang diharapkan dalam program ini adalah :
·
Masyarakat
mendapatkan rasa nyaman dan waktu yang lebih efisien ketika memasuki dan
membayar di pintu tol.
·
Terciptanya
suatu sistem pembayaran yang mudah dan murah.
2.3 Kegunaan
Adapun
kegunaan program yang dimaksud adalah :
·
Memperkenalkan
masyarakat kepada kemajuan teknologi dalam bidang sistem pembayaran.
·
Dapat
meminimalisir kemacetan.
·
Mempermudah
sistem pembayaran.
·
Mempersingkat
waktu pembayaran.
2.4 Metode Pelaksanaan
Pembuatan alat direncanakan melalui tahap :
·
Perancangan alat
yang digunakan seperti mensinkornisasikan sensor kartu dengan kartu prabayar
·
Perangkaian alat
sensor kartu dan palang pintu otomatis
·
Pengujian alat
yang telah dirangkai
2.5 Jadwal Kegiatan
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
|||
A.
|
PERSIAPAN
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
1.
|
Penetapan
Rencana Kerja
|
a
|
|||
2.
|
Persiapan
Bahan
|
a
|
a
|
||
3.
|
Persiapan
alat
|
a
|
a
|
||
B.
|
PELAKSANAAN
|
||||
1.
|
Pengujian
Fungsi Alat
|
a
|
a
|
||
2.
|
Perangkaian
Alat
|
a
|
a
|
a
|
|
3.
|
Design
Device
|
a
|
a
|
a
|
|
4.
|
Perancangan
Sensor Kartu
|
a
|
a
|
||
5.
|
Pengujian
Alat
|
a
|
a
|
||
C.
|
PENYUSUNAN
LAPORAN
|
||||
1.
|
Analisis
Data
|
a
|
a
|
||
2.
|
Menyusun
Draft Laporan
|
a
|
a
|
||
3.
|
Perbaikan
Laporan
|
a
|
a
|
2.6 Rancangan Biaya
1.
Rekaptulisasi Biaya
NO.
|
Jenis
Pengeluaran
|
Biaya
Seluruhnya
|
1.
|
Anggaran
alat
|
Rp.
1.045.440.000
|
2.
|
Anggaran
perjalanan
|
Rp.
1.350.000
|
3.
|
Anggaran
lain-lain
|
Rp.
61.450.000
|
JUMLAH
|
Rp.
1.108.240.000
|
2.
Anggaran Alat
No.
|
Nama Alat
|
Kegunaan Alat
|
Harga Satuan
|
Harga Seluruhnya
|
1.
|
90 Sensor Nominal
|
Mendeteksi nominal uang pada kartu
|
Rp.526.000
|
Rp.47.340.000
|
2.
|
90 Palang pintu otomatis
|
Membuka pintu secara otomatis jika telah di verifikasi
nominal angka
|
Rp.5.910.000
|
Rp.531.900.000
|
3.
|
90 Alat Pengecekan kartu
|
Menyimpan kartu untuk di deteksi sementara
|
Rp.5.180.000
|
Rp.466.200.000
|
TOTAL
|
Rp.1.045.440.000
|
3.Anggaran Perjalanan
No
|
Tujuan
|
Keperluan
|
Biaya
Satuan
|
Biaya
Seluruhnya
|
1.
|
Transportasi
local
|
Bahan
penelitian
|
Rp.700.000
|
Rp.700.000
|
2.
|
Tanggerang
|
Bahan
penelitian
|
Rp.650.000
|
Rp.650.000
|
TOTAL
|
Rp.1.350.000
|
4. Lain-lain.
No
|
Jenis
Pengeluaran
|
Biaya
Seluruhnya
|
1.
|
Dokumentasi
|
Rp.200.000
|
2.
|
Sewa
Pekerja
|
Rp.60.000.000
|
3.
|
Biaya
tak terduga
|
Rp.1.250.000
|
TOTAL
|
Rp.61.450.000
|
BAB
III
PENUTUP
Besar harapan penulis agar Bapak/Ibu dapat menerima
proposal ini agar penulis dapat melaksanakan pembuatan proyek PEMBAYARAN JALAN
TOL OTOMATIS MENGGUNAKAN KARTU PRABAYARAN
Adapun hal-hal yang dapat meningkatkan sistem akademik di
Perguruan Tinggi adalah sistem pembelajaran yang dapat diakses oleh mahasiswa
di manapun dan kapanpun dengan mudah, hanya dengan terhubung dengan internet.
Akses ini dapat menguntungkan dari ke dua belah pihak yaitu
dari institusi dan mahasiswa yang sedang memuntut ilmu .
Semoga proyek ini mendapatkan dukungan dan
partisipasi dari semua pihak yang terkait, agar proyek ini dapat
berjalan dengan baik dan lancar tanpa halangan yang berarti. Semoga Allah
mempermudah dan memperlancar jalannya proyek ini “Amin”. Atas perhatian
dan kerjasama Bapak/Ibu penulis ucapkan terimakasih.